Benarkah Menari tari tradisional tidak ada pengaruh dalam membakar kalori tubuh?

Siapa yang masih berpikir menari tarian tradisional itu tidak dapat membakar kalori tubuh? Tidak berpengaruh dalam kebugaran tubuh? Tidak dapat dijadikan alternatif olahraga dalam menjaga berat badan ?

Dr. Andi Kurniawan, SpKO, dari Indonesia Sports Medicine Centre, menyatakan aktivitas menari adalah aktivitas atau latihan fisik yang bila dilakukan terus-menerus akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebugaran kita.

Menari juga gabungan antara aktivitas fisik, interaksi sosial, ekspresi kreatif, dan emosional. Dan menari juga cocok sekali bagi Anda yang kurang menyukai olahraga yang bersifat individual.

Tidak hanya zumba, aerobik dan yoga yang dapat membakar kalori loh. Menari tarian jenis apapun : hip hop, kpop, break dance, salsa, tango, balet, bahkan tari tradisional yang cepat dan ataupun yang halus sekalipun juga dapat membakar kalori yang cukup banyak loh.

Menari selama kurang lebih 60 menit dapat membakar rata-rata 468 kalori (untuk orang dengan berat 60 kilogram). Angka ini tergolong cukup besar. Bandingkan dengan bersepeda santai untuk waktu yang sama akan membakar 450 kalori.

Yang lebih menarik lagi, karena aktivitas menari lebih terasa sebagai hiburan ketimbang berolahraga, Anda mungkin tidak menyadari bahwa tubuh Anda perlahan terbentuk indah serta menjadi lebih kencang.

Hasil tersebut bergantung juga dengan jenis tarian yang dilakukan serta intensitas latihannya. Jika kamu menyukai gerak dan musik, olahraga menari bisa menjadi pilihan kamu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda, Anda sebaiknya mempelajari gaya menari pilihan Anda atau mengikuti instruktur tari.

Apa pun bentuk tarian yang Anda sukai, pastikan memilih kelas yang Anda sukai. Kelas gym biasanya berlangsung sekitar 45 hingga 60 menit, meskipun beberapa dapat diperpanjang lebih dari itu.

Ada banyak studio yang didedikasikan untuk kelas tari. Sanggar-sanggar ini mungkin memiliki lebih banyak variasi, dan bahkan mungkin memperkenalkan Anda pada gaya tarian unik yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Jika Anda mencari pengalaman unik atau tertarik dengan gaya tari tradisional, sanggar lokal adalah pilihan terbaik Anda. Seperti halnya kelas olahraga, kelas ini juga biasanya berdurasi sekitar 60 menit

Tetapi ingatlah bahwa latihan menari bukanlah secara khusus bertujuan untuk menurunkan berat badan. Menari, dalam hal ini adalah menari tarian tradisional menjadi salah satu bentuk seni yang apabila dilakukan secara intens dan rutin terus menerus, tidak hanya bermanfaat melatih otot dan otak namun membantu membakar kalori, sehingga akan membantu program penurunan berat badan atau menjaga berat badan ideal anda. 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.