Tentang Tari KECAK, Bali

Tentu kita semua sudah sangat mengenal dg Tari Kecak. Ketika ditanya “apa kesenian khas dari Bali?” pasti mayoritas yang terlintas di kepala adalah tari Kecak. Walo tidak semua pernah menonton tari Kecak dan apalagi tau tentang cerita tarian tersebut, tapi kata TARI KECAK itu sudah sangat kental nempel di otak kita sejak kecil ya.🙂

Nah… Tahukah kamu bgmn Tari Kecak itu terbentuk? Apa tiba-tiba ada begitu saja?

Nah simak ulasan singkat berikut ini tentang siapakan yang menciptakan Tari Kecak itu?

Wayan Limbak (1897 – August 31, 2003), adalah seorang penari Bali yang bersama-sama Walter Spies (seorang pelukis Jerman) menciptakan tarian Kecak yang sangat terkenal sekarang ini. Beliau meninggal dunia di usia 106 tahun di Desa Bedulu, Gianyar, Bali.

Bekerjasama dengan Walter Spies sekitar tahun 1930an, berawal dari tarian Sang Hyang (tarian suci untuk ritual upacara) yang digelar setiap tahun dalam upacara suci di Pura Goa Gajah, Bedulu, Gianyar. Dengan usulan dari Walter Spies, tarian Sang Hyang tersebut dimodifikasi menjadi sebuah tarian Kecak seperti sekarang yang kita kenal, dengan mensisipkan cerita biasanya diambil dari epos Ramayana, takkala Subali bertempur dengan adiknya Sugriwa atau Rahwana menculik Dewi Sita.
Tarian Kecak ini ditarikan 50 sampai 100 orang dengan hanya menggunakan kain hitam dan ikat pinggang loreng tanpa baju membentuk formasi lingkaran, dimana nada musik untuk mengiringi tarian pemeran tokoh2 cerita, hanya dengan suara seluruh penari bersahut sahutan dengan mengucapkan cak cak cak cak…

Wayan Limbak mempopulerkan tari Kecak sebagai wakil Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya ke seluruh dunia dengan membawa grup tarinya keliling dunia untuk mengikuti berbagai festival internasional.

Sumber Artikel : religionlove
http://www.thebalitimeline.com/wayan-limbak-pencipta-tari-kecak/

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s