Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) Tahun 2013

Sebanyak 70 orang pemuda yang berasal dari sejumlah negara akan menetap di Indonesia untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia.

“Kementerian Luar Negeri RI pada tahun 2013 kembali memberikan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (Indonesian Arts and Culture Scholarship/IACS). Beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk soft-power diplomacy yang dilakukan oleh Pemerintah RI dalam menciptakan citra positif Indonesia di kalangan masyarakat internasional yang dilakukan oleh Kemlu RI melalui pendekatan people-to-people contact, jelas Plh. Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar negeri RI, Diah W. M. Rubianto.
Untuk Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2013, Kemlu RI akan mengadakan dua program yakni BSBI Reguler dan BSBI Kekhususan yang diselenggarakan mulai akhir Mei hingga awal September 2013. BSBI Reguler merupakan program beasiswa yang akan diberikan kepada 60 pemuda warga negara asing dari sejumlah negara untuk mempelajari seni pertunjukan tradisional Indonesia. “Peserta BSBI akan belajar seni tradisional Indonesia di salah satu sanggar seni di Bandung, Solo, Surabaya, Bali, dan Makassar. Disamping belajar kesenian, para peserta juga akan diperkenalkan dengan kehidupan bermasyarakat di Indonesia termasuk local wisdom masyarakat setempat,” lanjut Diah.
Program BSBI Kekhususan merupakan sebuah tailor-made program yang diberikan kepada sepuluh pemuda asing yang memiliki garis keturunan darah Indonesia. Pada 2013, program BSBI Kekhususan bertemakan ‘Indonesian Studies for Indonesian Diaspora’. Para peserta BSBI Kekhususan akan mempelajari Bahasa Indonesia serta mengenal perkembangan ekonomi dan sosial politik di Indonesia, termasuk mengenai kerukunan umat beragama, pemberantasan korupsi, pengembangan demokrasi serta penegakan hak asasi manusia di Indonesia. “Rencananya BSBI Kekhususan akan diselenggarakan bekerjasama dengan salah satu universitas di Yogyakarta,” ujar Diah.
Sebagai acara puncak sekaligus penutupan program BSBI 2013, seluruh peserta BSBI rencananya akan mempresentasikan pengetahuan serta keahlian yang telah mereka pelajari selama mengikuti program BSBI dalam sebuah pagelaran seni akbar bertajuk ‘Indonesian Channel’ yang akan diselenggarakan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya pada tanggal 7 September 2013 di Surabaya.
BSBI telah diberikan setiap tahun oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2003, dan hingga tahun 2012 telah diikuti oleh 449 peserta dari 47 negara. “Seluruh warga negara asing yang pernah mengikuti program BSBI di Indonesia telah menjadi ‘friend of Indonesia’ yang hingga kini terus aktif membantu Perwakilan RI mempromosikan seni dan budaya Indonesia di masing-masing negara asal peserta. Bagi mahasiswa indonesia yang berminat dapat melamar dan mengunduh aplikasinya di website kemlu www.kemlu.go.id,” ungkap Diah menutup penjelasannya. (sumber: Dit. Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s