SENSUS BUDAYA INDONESIA

Sebagai salah satu negara dengan suku dan etnis terbanyak di dunia, Indonesia kaya akan produk-produk budaya. Sebut saja dua di antaranya seperti kain tenun dan tarian daerah, bisa puluhan hingga ratusan jumlahnya. Produk-produk budaya ini menjadi aset bangsa yang betul-betul tak ternilai harganya. Sayang sejuta sayang, sebab data-data mengenai produk budaya Indonesia tak mudah didapatkan. Beberapa di antaranya bahkan tak ada sama sekali.

Lembaga penelitian kompleksitas yang berada di Kota Kembang, Bandung, Bandung Fe Institute (BFI) menyadari betul akan kebutuhan akan data-data lengkap mengenai produk budaya Indonesia. Sudah menjadi ciri khas dari BFI untuk menggarap penelitian yang berhubungan dengan budaya. Salah satu karya nyatanya adalah buku Fisika Batik yang ditulis oleh dua punggawa BFI, Hokky Situngkir dan Rolan Dahlan, serta disusun oleh tim peneliti BFI. Dalam buku ini pula, Sultan Hamengku Buwono X ikut menulis sisi filosofis batik.

BFI juga memetakan produk budaya Indonesia seperti rumah adat, tarian, dan batik. Bekerja sama dengan Indonesian Archipelago Culture Initiatives (IACI), mereka meluncurkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI).

PDBI bertujuan untuk mengumpulkan data budaya Indonesia yang nyatanya tak memadai. Pada awal penelitian batik, Hokky beserta rekan-rekannya mendapati bahwa Departemen Kebudayaan tidak memiliki arsip pola batik. Bahkan data sejarah selama 60 tahun Indonesia merdeka juga tidak tersedia.

Melalui PDBI masyarakat luas bisa menyumbangkan data-data tentang kebudayaan Indonesia mulai dari lagu, ritual, cerita rakyat, pakaian tradisional, motif kain, hingga ornamen! Dari data-data PDBI, Hokky dan rekan BFI memetakan budaya Indonesia. Hasilnya? Mereka menemukan bahwa benar sungguh batik berasal dari Indonesia!

Ingin turut menyumbang data budaya? Silahkan ikuti Twitter mereka di @infobudaya.

http://intisari-online.com/read/ikuti-sensus-budaya-indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s