GERAK TARI

Gerak Tari

Anda telah mengetahui bahwa elemen dasar tari adalah gerak. Hal ini telah diuraikan dan dijelaskan pada modul yang terdahulu.

Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang indah. Yang dimaksudkan dengan gerak yang indah adalah gerak yang telah diberi sentuhan seni. Gerak-gerak keseharian yang telah diberi sentuhan seni akan menghasilkan gerak yang indah. Misalnya gerak berjalan, lari, mencangkul, menimba air di sumur, memotong kayu dan sebagainya, jika diberi sentuhan emosional yang mengandung nilai seni, maka gerak-gerak keseharian tersebut akan tampak lain. Berdasarkan bentuk geraknya, secara garis besar ada dua jenis tari, yaitu tari yang representasional, dan tari yang non representasional. Tari yang representasional adalah tari yang menggambarkan sesuatu secara jelas. Sedangkan tari yang nonrepresentasional adalah tari yang tidak menggambarkan sesuatu.

 

Baik tari representational maupun non representational garapan gerak nya terkandung dua jenis gerak,  yaitu  gerak maknawi dan gerak-gerak murni.Yang dimaksud dengan gerak maknawi ialah gerak yang mengandung arti jelas. Misalnya gerak ulap-ulap pada tari Jawa menggambarkan sedang melihat gerak menempel telapak tangan di dada bisa mengandung arti sedih, gerak menirukan bertani, berbedak, bertepuk tangan dan sebagainya. Sudah barang tentu gerak-gerak maknawi tersebut telah mengalami stilisasi atau distorsi, yaitu gerak tersebut telah mengalami perubahan untuk dijadikan gerak tari.

 

Adapun gerak murni ialah gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu. Gerak-gerak murni ini banyak digunakan dalam garapan-garapan tari yang nonrepresentasional. Sedangkan garapan-garapan tari yang representasional banyak memerlukan gerak-gerak maknawi. Namun demikian, dalam garapan tari representasional diperlukan pula gerak-gerak murni, karena apabila garapan tersebut dipenuhi oleh gerak-gerak maknawi akan lebih mengarah ke bentuk pantomim

 

Didepan telah dikemukakan bahwa gerak di dalam tari berbeda dengan gerak sehari – hari. Gerak tari telah melalui perubahan atau dipindahkan dari gerak yang mentah diubah bentuknya menjadi gerak tari. Gerak tari tidaklepas dari unsur tenaga,ruang dan waktu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s