Kesenian Jelantur-Jawa Tengah Terancam Punah

 

Sejumlah seniman memainkan kesenian tradisional khas Magelang, Tari Jelantur, di Wonolelo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Ahad (27/5). Kesenian Jelantur dibawakan oleh sekelompok penari berseragam prajurit Kraton yang membawa kuda kepang. Seakan kembali ke masa lalu, keindahan kesenian Jelantur mampu memikat perhatian para pengunjung. Namun sayang sekali seni tari ini terancam punah, karena tidak ada regenerasi akibat rendahnya minat generasi muda untuk menggeluti seni tari yang menggambarkan masa perjuangan saat merebut kemerdekaan.

Asal-usul

Pada awalnya, seni Jelantur digunakan sebagai media bagi pemuka agama untuk mengumpulkan masyarakat ketika hendak melakukan syiar agama Islam.  Pada jaman dulu, pemuka agama kesulitan untuk berdakwah karena susah mengumpulkan masyarakat.

Sehingga para pemuka agama membunyikan alat musik  tradisional disertai tari-tarian untuk menarik perhatian masyarakat. Dalam perkembangannya, seni  Jelantur mampu dikemas menjadi pertunjukan seni tradisi yang menarik.

Dari sisi musik, seni Jelantur menampilkan iringan musik seperti iringan kesenian Jathilan. Alat musik tradisional yang dimainkan pada seni Jelantur adalah bendir, beduk  dan rebana. Sedang dari sisi gerakan tari, seni Jelantur sangat berbeda dengan gerakan tari Jathilan yang biasanya menyatukan tari dengan unsur magis.

Seni Jelantur berasal dari kata “jelajah lan tutur”. Para penari Jelantur menarikan beberapa bagian tarian. Misalnya gerakan membuat barisan menutup dan membuka, merapat atau melebar. Mereka menggunakan seragam tari kain celana panjang dibawah lutut, kain jarik batik bermotif serta selendang warna kuning. Setiap akan berganti gerakan tari berbaris atau memulai dan berganti pasangan berperang,  kapten penari akan membunyikan peluit.

 

 

Sumber:

http://www.Republika.co.id

http://www.jogjanews.com

About these ads

2 thoughts on “Kesenian Jelantur-Jawa Tengah Terancam Punah

  1. Saya mau tanya, buku apakah yg dapat menjelaskan makna dari tiap-tiap gerakan dalam tarian? Mohon bantuannya, ini utk skripsi saya yg sudah mepet waktunya. Terimakasih

    • @akbar: kalo dibuat dlm bentuk buku sptnya blm ada ya. adapun dalm tari klasik keraton yg disimpn oleh keraton paling. itupun mungkin… msh dlm bhsa jawa kuno,
      tiap jenis tari mkna koreografinya jug trgntungn dari daerah asalnya sih. jd anda klo mau skripsi ttg makna tari fokuskn hanya 1 tari, asal dr mn, siapa koreografernya, dan inspirasi tarian drmn ttg apa. dr situlh mkna gerak tari diketahui.
      misal inspirasi tari semut. asal jateng. gerakan untuk segmen anak. nah tiap gerakannya ada yg mngndung mkna semut berbaris, semut mncari mkn, semut bercanda, dll.

      semoga sukses :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s